author

Belajar Hukum Indonesia: HUKUM SOCIALIST

HUKUM SOCIALIST

Hukum sosialis menunjukkan tipe umum sistem hukum yang telah digunakan di negara-negara komunis dan komunis sebelumnya . Hal ini didasarkan pada hukum perdata sistem, dengan modifikasi utama dan tambahan dari Marxis-Leninis ideologi. Ada kontroversi mengenai apakah hukum sosialis yang pernah merupakan suatu sistem hukum yang terpisah atau tidak. Jika demikian, sebelum akhir Perang Dingin , sosialis hukum akan menjadi peringkat di antara sistem hukum utama di dunia. Banyak pengamat kontemporer tidak lagi mempertimbangkan untuk menjadi seperti itu, karena kesamaan dengan sistem hukum sipil dan fakta bahwa ia tidak lagi digunakan secara luas setelah pembongkaran negara komunis yang paling.
Sementara sistem hukum sipil secara tradisional dimasukkan sakit besar dalam mendefinisikan konsep kepemilikan pribadi, bagaimana mungkin diperoleh, ditransfer, atau hilang, sistem hukum sosialis menyediakan properti yang paling dimiliki oleh negara atau oleh koperasi pertanian, dan memiliki pengadilan khusus dan undang-undang untuk perusahaan negara.
Banyak sarjana berpendapat bahwa hukum sosialis adalah bukan klasifikasi hukum yang terpisah. Meskipun ekonomi komando pendekatan dari negara komunis berarti bahwa properti tidak dapat dimiliki, Uni Soviet selalu memiliki kode sipil, pengadilan yang menafsirkan kode sipil, dan pendekatan hukum sipil untuk penalaran hukum (dengan demikian, baik proses hukum dan pertimbangan hukum sebagian besar analog ke Perancis atau Jerman sistem kode sipil). Sistem hukum di semua negara sosialis diawetkan kriteria formal hukum Romano-Germanic sipil; untuk alasan ini, hukum teori pasca-sosialis negara biasanya mempertimbangkan hukum Sosialis sebagai kasus tertentu dari hukum Romano-Germanic sipil. Kasus pengembangan hukum umum ke dalam hukum sosialis tidak diketahui karena ketidakcocokan prinsip-prinsip dasar dari kedua sistem (hukum umum mengandaikan berpengaruh pembuatan aturan peran pengadilan, sementara pengadilan di negara-negara sosialis memainkan peran tergantung).
Menurut Karl Marx dan pemikir sosialis lainnya, sosialisme dan hukum tidak kompatibel. Telah dikemukakan bahwa aspek hukum sosialis yang berasal dari Stalinisme pada kenyataannya ditemukan di tempat lain di dunia dalam yurisdiksi yang lain dan dengan demikian tidak benar-benar sosialis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar