author

Belajar Hukum Indonesia: WESEL

WESEL


Contoh Surat Wesel dalam negeri dari Pos Indonesia.


Wesel adalah berasal dari kata istilah Belanda yaitu Wissel.
            Dalam pasal 100 KUHD dimuat syarat-syarat dibuat formal, seperti surat wesel. Atas dasar inilah dapat disimpulkan surat wesel adalah surat yang diterbitkan pada tempat tertentu, dimana penerbit memerintahkan tanpa syarat kepada tersangkut untuk  membayar sejumlah uang tertentu kepada pemegang atau penggantinya pada waktu dan tempat tertentu.

Menurut UU, terdapat 5 bentuk surat wesel khusus, yaitu :
1.      Wesel pengganti penerbit
2.      Wesel atas penerbit sendiri
3.      Wesel untuk rekening orang ketiga
4.      Wesel incasso (Wesel untuk menagih)
5.      Wesel berdomisili.

Beberapa personil wesel :
  1. Penerbit
Berasal dari bahasa Belanda Trekker dan dalam bahasa Inggris Drawer, yaitu orang yang mengeluarkan surat wesel.
  1. Tersangkut
Berasal dari bahasa Belanda Betrokkene dan dalam bahasa Inggris Drawee, yaitu orang yang diberi perintah tanpa syarat untuk membayar.
  1. Akseptan
Berasal dari bahasa Belanda Acceptant, dan dalam bahasa Inggris Acceptor, yaitu tersangkut yang telah menyetujui untuk membayar surat wesel pada hari bayar, dengan memberikan tandatangannya.
  1. Pemegang Pertama
Berasal dari bahasa Belanda Nemeer, dan dalam bahawa Inggris Holder, yaitu orang yang menerima peralihan surat wesel pertama kali dari penerbit.
  1. Pengganti
Berasal dari bahasa Belanda Geendoseerde, dan dalam bahasa Inggris Indorsee, yaitu orang yang menerima peralihan surat wesel dari pemegang sebelumnya.
  1. Endosan
Berasal dari bahasa Belanda Endosant, dan dalam bahasa Inggris Indorser, yaitu orang yang memperalihkan surat wesel kepada pemegang berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar